dengan menggunakan struktur data seperti berikut :
- data
- pointer penunjuk elemen setelahnya (next)
- pointer penunjuk elemen sebelumnya (prev)
dalam program ini diperlukan beberapa library yaitu :
#include<stdio.h> #include<stdlib.h>untuk merepresentasikannya bisa seperti ini
typedef struct simpul node;
struct simpul
{
int data;
node *prev;
node *next;
};
lalu membuat variabel global untuk head, tail, dan barunode *head = NULL, *tail = NULL, *baru;lalu buat fungsi untuk alokasi memori, dan disini diperlukan stdlib.h
void allocate_node (int x)
{
baru = (node *) malloc (sizeof(node));
if(baru==NULL)
{
printf("Alokasi Gagal\n");
exit(1);
}
else
{
baru->data=x;
baru->next=NULL;
baru->prev=NULL;
}
}
setelah simpul baru dialokasikan, maka simpul baru bisa dibuat :head = tail = baru;ada beberapa fungsi yang diperlukan untuk menambahkan (menyisipkan) simpul baru, yaitu :
- sisip awal
- sisip akhir
- sisip sebelum
- sisip sesudah
- hapus awal
- hapus akhir
- hapus simpul
- fungsi buat list
void buat_list()
{
printf("Data Masih Kosong, List akan dibuat dengan data tersebut\n");
system("PAUSE");
head = tail = baru;
}
- fungsi sisip awal
void sisip_awal()
{
if(head==NULL && tail==NULL)
buat_list();
else
{
baru->next=head;
head->prev=baru;
head=baru;
}
}
- fungsi sisip akhir
void sisip_akhir()
{
if(head==NULL && tail==NULL)
buat_list();
else
{
baru->prev=tail;
tail->next=baru;
tail=baru;
}
}
- fungsi sisip sebelum
void sisip_sebelum(int s)
{
node *before=head;
int cek=0;
if(before->next==NULL)
cek=1;
else
{
while(before->next->data!=s)
{
before=before->next;
if(before->next==NULL)
{
cek = 1;
break;
}
}
}
if(cek==0)
{
baru->prev = before;
baru->next = before->next;
before->next->prev = baru;
before->next = baru;
}
else
gatot();
}
- fungsi sisip sesudah
void sisip_sesudah(int s)
{
node *after=tail;
int cek=0;
if(after->prev == NULL)
cek=1;
else
{
while(after->prev->data!=s)
{
after=after->prev;
if(after->prev==NULL)
{
cek = 1;
break;
}
}
}
if(cek==0)
{
baru->next = after;
baru->prev = after->next;
after->prev->next = baru;
after->prev = baru;
}
else
gatot();
}
Lalu untuk menghapus diperlukan beberapa fungsi, yaitu :- hapus simpul
void free_node(node *p)
{
free(p);
p=NULL;
printf("DATA TERHAPUS\n");
}
- hapus satu
void hapus_satu()
{
node *hapus = head;
head = NULL;
tail = NULL;
free_node(hapus);
}
- hapus awal
void hapus_awal()
{
node *hapus = head;
head->next->prev = NULL;
head = head->next;
free_node(hapus);
}
- hapus akhir
void hapus_akhir()
{
node *hapus = tail;
tail->prev->next = NULL;
tail = tail->prev;
free_node(hapus);
}
- hapus simpul tertentu
void hapus_tengah(int s)
{
node *hapus=head;
int cek=0;
while(hapus->data!=s)
{
if(hapus->next==NULL)
{
cek=1;
break;
}
hapus = hapus->next;
}
if(cek==0)
{
hapus->prev->next = hapus->next;
hapus->next->prev = hapus->prev;
free_node(hapus);
}
else
gadel();
}
untuk menampilkan pesan diperlukan fungsi tambahan :void gatot()
{
printf("SIMPUL BARU TIDAK DAPAT DISISIPKAN\n");
system("PAUSE");
}
void gadel()
{
printf("TIDAK ADA DATA YANG DIHAPUS\n");
system("PAUSE");
}
Dan juga untuk menampilkan data yang berada pada list bisa di representasikan seperti ini :void tampil()
{
node *p= head;
printf("\nData Simpul ==> ");
while(p!=NULL)
{
printf("%d ", p->data);
p=p->next;
}
printf("\n\n");
}
Dan pada main bisa menggunakan code seperti ini :void main()
{
head=baru;
int pilih, data, s;
char lagi='y';
while(lagi=='y')
{
system("CLS");
awal();
tampil();
printf("Menu Pilihan : \n");
printf("1. Sisip Awal\n");
printf("2. Sisip Akhir\n");
printf("3. Sisip Sebelum Simpul\n");
printf("4. Sisip Sesudah Simpul\n");
printf("5. Hapus Awal\n");
printf("6. Hapus Akhir\n");
printf("7. Hapus Tengah\n");
printf("\nPilih No : ");
scanf("%d", &pilih);
switch(pilih)
{
case 1 :
printf("Masukkan data : ");
scanf("%d", &data);
allocate_node(data);
sisip_awal();
break;
case 2 :
printf("Masukkan data : ");
scanf("%d", &data);
allocate_node(data);
sisip_akhir();
break;
case 3 :
printf("Masukkan data : ");
scanf("%d", &data);
allocate_node(data);
if(head==NULL && tail==NULL)
buat_list();
else
{
printf("Dimasukkan sebelum : ");
scanf("%d",&s);
if(s==head->data)
sisip_awal();
else
sisip_sebelum(s);
}
break;
case 4 :
printf("Masukkan data : ");
scanf("%d", &data);
allocate_node(data);
if(head==NULL && tail==NULL)
buat_list();
else
{
printf("Dimasukkan sesudah : ");
scanf("%d",&s);
if(s==tail->data)
sisip_akhir();
else
sisip_sesudah(s);
}
break;
case 5 :
if(head == NULL && tail == NULL)
gadel();
else if(head == tail)
hapus_satu();
else
hapus_awal();
break;
case 6 :
if(head == NULL && tail == NULL)
gadel();
else if(head == tail)
hapus_satu();
else
hapus_akhir();
break;
case 7 :
printf("Data yang dihapus : ");
scanf("%d", &data);
if(head == NULL && tail == NULL)
gadel();
else if(data == head->data && data == tail->data && head == tail)
hapus_satu();
else if(data == head->data)
hapus_awal();
else if(data == tail->data)
hapus_akhir();
else
hapus_tengah(data);
break;
}
fflush(stdin);
printf("Lagi (y/t) ? ");
scanf("%c", &lagi);
}
}
system(“PAUSE”) digunakan untuk menghentikan program sejenak.system(“CLS”) digunakan untuk menghapus layar.
kedua command tersebut membutuhkan <stdlib.h> sama hal nya dengan penggunaan alokasi memori yang menggunakan malloc() , sizeof() , dan free() .
untuk download programnya bisa di download DISINI
Semoga postingan ini dapat bermanfaat dan berguna bagi sobat semua, selamat beraktifitas kembali dan sampai jumpa di postingan yang akan datang :) Trimakasih
panjang codingny hhe
ReplyDeletebtw ni struktur data macam mata kuliah di semester 3 bukan ya :D
keep blogging!
iya gan biar greget, ngga mumet kalo ngga panjang wkwkwk
Deletesemester 5 gan saya dapet ini:)
nnice share gan , numpang ngopi ya hehehe
ReplyDeletesilahkan gan, semoga bermanfaat :)
Deleteijin coba gan
ReplyDeletenice share. ijin coba gan :)
ReplyDeletesilahkan gan, semoga bermanfaat :)
Deleteilmu baru,, ijin coba gann
ReplyDeleteizin bookmark ya gan, harus dipelajari lebih detail nih.
ReplyDeletesip gan, semangat hehe :)
Delete