Takwa adalah sikap takut kepada Allah swt. Artinya, jika seseorang yang bertakwa kepada Allah, maka mereka harus meninggalkan semua laranganNya dan melaksakan segala perintahNya. Sudah seharusnya kita sebagai seorang muslim untuk menjadi seorang muslim yang bertakwa. Karena sesungguhnya orang-orang yang bertakwa adalah orang-orang yang memiliki keutamaan dan ucapan mereka adalah kebenaran. Alangkah bahagianya jika kita termasuk orang-orang yang bertakwa. Takwa bukanlah perilaku negative dan bukan pula pekerjaan hati semata, akan tetapi merupakan perilaku positif yang memotivasi jiwa untuk melakukan perintah Allah dan menjauhi laranganNya, dan muncul sinar dalam beretika dan ibadah. Dan takwa juga merupakan  perasaan yang berimplikasi terhadap perbuatan yang bermanfaat bagi pelakunya dan orang lain, serta terjaga dari kemalangan dan keburukan jiwa melalui infak, melawan sifat kikir dan diperbudak harta, menahan emosi, memaafkan kesalahan manusia, berbuat baik, melawan murka kecuali terhadap kebenaran, membangkitkan dan memperkuat perasaan batin, maka jika berbuat salah atau dosa segera bertaubat dan kembali kepada Allah, serta efek-efek takwa dan sifat orang bertakwa lainnya.

   Dalam Islam ada yang disebut dengan pakaian takwa, yaitu berupa pakaian yang bermakna dapat menutupi diri kita dari barbagai keburukan, serta menghiasi diri dengan keutamaan dan kebajikan. Dan adapun pakaian kita sebagai seorang muslim yang bertakwa adalah iman, amal saleh, dan kesucian jiwa. Sebagaimana firman Allah swt dalam surat Al-a’raf ayat 26, yang artinya “Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat”. Maka hendaklah kita menggunakan pakaian takwa dalam kehidupan sehari-hari, agar kita senantiasa terlindungi dari keburukan.
Di antara tanda-tanda orang bertakwa adalah bahwasanya kamu melihatnya kuat dalam beragama, teguh dalam kelembutan, beriman penuh keyakinan, semangat dalam keilmuan, berilmu dalam kedewasaan, ekonomis dalam kekayaan, sabar dalam cobaan, tidak memanggil dengan gelar yang buruk, tidak merasa kesal terhadap musibah, penuh kasih sayang, tidak menyakiti hati sesama, tutur katanya lemah lembut, dan sabar dalam cobaan.

Adapun keutamaan orang-orang yang bertakwa adalah sebagai berikut;

  1. Mendapatkan dan mampu meraih kemuliaan di sisi Allah swt
  2. Orang yang bertakwa akan di cintai oleh Allah dan akan menjadi wali seta kekasih Allah
  3. Allah memberikan ma’iyyahNya (kebersamaan) kepada orang yang bertakwa
  4. Dimudahkan dalam setiap urusannya
  5. Dilapangkan rezkinya. Rezki disini meliputi harta, kesehatan, ilmu, peluang, dan juga jalan keluar dari berbagai masalah
  6. Memperoleh syurga dan kenikmatan akhirat.
   Sungguh indah bukan ganjaran yang didapat oleh seorang yang bertakwa kepada Allah swt? Selain meraih kemuliaan tertinggi disisiNya, dimudahkan dalam segala urusan, kita juga akan mendapat kebersamaan atau kesertaan Allah dalam hidup. Maka adakah yang lebih nikmat dan menyenangkan dari pada kebersamaan bersama Allah swt? Tentu merupakan sebuah kebahagiaan jika bisa memperoleh kebersamaan denganNya. Oleh karena itu, marilah kita tingkatkan takwa yang sebenar-benar takwa agar memperoleh syurga yang luasnya seluas langit dan bumi.

Post a Comment

  1. bertakwa kepada tuhan memang wajib tapi perlu usaha yang maksimal

    ReplyDelete

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejaknya, Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan ^_^
- Dilarang berkomentar menggunakan Live Link !!!
- Dilarang promosi disini !
- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten !!!

 
Top