Pengertian Adobe Illustrator

Pojokku - Adobe Illustrator adalah sebuah software perangkat lunak menggambar yang di ciptakan oleh Adobe System yang menggunakan vektor.  Pertama kali dirilis Adobe Illustrator, mereka pasti keberhasilan program. Perusahaan tidak memiliki persentase besar dari pasar, dan alat-satunya perangkat lunak yang mampu menantang Adobe Illustrator adalah LaserWriter, alat yang diproduksi oleh Apple. Adobe Illustrator merupakan alat yang ampuh  memiliki kurva belajar rendah. Meskipun ini, terkenal dengan tingkat presisi. Banyak orang telah menemukan Adobe Illustrator untuk menjadi alternatif yang berguna untuk alat desain kompleks seperti AutoCad. Selain ini,Adobe Illustrator tempat penekanan pada lukisan, sesuatu yang hilang dari AutoCad ketika pertamaka di perkenalkan.Alat utama yang digunakan di Illustrator adalah kurva Bezier.. Sebuah kurva dapat dibuat, dan lingkaran atau busur dapat dibuat dari itu.

       Berikut ini adalah beberapa tools dasar dalam illustrator untuk memilih dan mengedit bentuk. Karena ini dasar jadi di perhatikan dan dikuasai, agar kedepannya tidak bingung dan mampu memilih dan mengedit shape.

Dalam Illustrator ada dua tools yang digunakan untuk selection object, selection object bisa juga di istilahkan men”seleksi” object yang ingin di edit/di pindah, dan sebagainya. Kedua tools tersebut antara lain.

-          Selection Tool :

Tool ini digunakan untuk men”seleksi” dan memindahkan bentuk, serta dapat juga digunakan untuk megubah ukuran bentuk/shape. Berarti jika ingin memindahkan, mengubah ukuran, kita bisa menggunakan tools ini dengan cara men”seleksi”/memilih bentuk itu terlebih dahulu.

        Selection Tool (V) pada illustrator adalah icon anak panah berwarna hitam, klik icon anak panah tersebut, jika melewati sebuah shape, anak panah hitam tersebut akan berbentuk anak panah yang lebih kecil dan umpanya kita memiliki bentuk/shape berbentuk poligon segienam, klik dan tahan poligon tersebut geser lalu lepas kliknya untuk memindahkan nya.

     Dan penggunaan Selection Tool untuk mengubah ukuran yaitu sama seperti cara yang tadi, select/pilih bentuk shape, lalu kursor dipindahkan ke sudut garis transform ( garis kotak biru ) nanti kursor akan berubah menjadi dua anak panah berlawanan arah yang kecil, pada saat anak panah itu muncul, klik, tahan dan geser ke atas, agar ukuran tetap bebanding sama jangan lupa pada saat menggeser tahan tombol SHIFT pada keyboard setelah itu lepas kliknya, bentuk tadi telah berubah menjadi kecil ataupun besar.

-          Direct Selection Tool

Kegunaan tool ini yaitu memilih titik anchor tunggal, bukan bentuk keseluruhan. Digunakan untuk mengedit melalui titik shape/bentuk.

       Direct Selection Tool (A) adalah icon anak panah berwarna putih, pilih icon anak panah tersebut, setelah itu dengan direct selection tool coba select/pilih salah satu titik sudut shape dengan cara klik lalu lepas, berhasil memilih titik ini ditandai dengan berubahnya warna menjadi biru dan titik lain berwarna putih, ini tandanya titik tersebut sudah bisa edit.
Setelah terpilih klik, tahan dan coba geser. Terlihat hanya titik pada sudut tersebut saja yang tergeser, titik tersebut istilah dalam illustrator adalah titik anchor.

Direct Selection Tool (A) adalah icon anak panah berwarna putih, pilih icon anak panah tersebut, setelah itu dengan direct selection tool coba select/pilih salah satu titik sudut shape dengan cara klik lalu lepas, berhasil memilih titik ini ditandai dengan berubahnya warna menjadi biru dan titik lain berwarna putih, ini tandanya titik tersebut sudah bisa edit.

Kelebihan Dan Kekurangan Adobe Illustrator

Kelebihan :
  •  Fiturnya cukup lengkap.
  •   Ampuh untuk pembuatan illustrasi, logo, dan vector image lainnya.
  •  Kemampuan yang mumpuni untuk load file besar, diatas 50mb.
  • Warna-warna yang disediakan sangat baik dan halus, tidak jauh beda dengan hasil print nantinya. 
  • Terintegrasi dengan software adobe yang lain, seperti adobe photoshop, dll.
Kekurangannya :
  • Walaupun fitur lengkap tapi cukup ribet untuk pengerjaan layout.
  • Tidak User friendly untuk fitur power clip-nya.
  •  Tempat produksi terkadang ada yang ngga support.

Post a Comment

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejaknya, Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan ^_^
- Dilarang berkomentar menggunakan Live Link !!!
- Dilarang promosi disini !
- Berkomentarlah dengan sopan dan bijak sesuai dengan isi konten !!!

friendConnectJs/>

 
Top